Sabtu, 27 Juli 2013

AKIBAT BANYAK MAKAN DALAM ISLAM
            Yaitu kejahatan yang sangat jahat karena kenyang itu menjadikan ia kuat anggota badan dan kuat anggota badan itu membawa ia untuk melakukan perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT yaitu maksiat dan maksiat itu membawa ia kepada neraka oleh Karena itu banyak makan itu jahat dari yang jahat. Firman Allah SWT :
"كلواواشربواولاتسرفواانهلايحب المسرفين"                
            Artinya:”makan dan minum oleh kamu dan jangan kamu berlebih-lebihan karna bahwasanya Allah SWT tidak cinta ia akan orang yang banyak  makan.”

            Maka  jika kita ingin dicintai oleh Allah SWT kita tidak boleh dalam keadaan kenyang bukan berarti tidak boleh makan  akan tetapi makanlah dengan sekadar mampu untuk berbuat ibadah. Sabda Nabi Muhammad saw:
                        مامن عمل احب الى الله تعالى من جوع وعطش
            Artinya :”tiada amal yang terlebih kasih kepada hak Allah SWT lain dari lapar dan dahaga”

            Karena sedikit makan cukup ia dengan sedikit harta dan harta itu tidak perlu bekerja keras dan tidak bekerja keras itu selamat ia daripada kejahatan manusia dan tinggal ibadahnya dan selamat ia dari keduanya membawa ia kepada surga, sebab itulah lapar dikatan kunci surga dan dicintai oleh Allah SWT. Karena sebab kedua Nabi Muhammad saw pernah hingga mengikat batu pada perutnya karna sangat laparnya.
            Diceritakan sahal bin sa’ad ra adalah pada masa rasulullah saw, ji u yakni alat menyuci beras daripada sekam, maka ditanya oleh orang “apakah kamu makan nasi yang bersekam?” maka di jawab oleh sahal bin sa’ad “maka saya giling dia ddan saya tiup sekamnya dan terbanglah sekamnya maka yang tinggal saya basahkan dan saya masak dan dimakan”. Padahal ia adalah sahabat Nabi yang tinggi  derajatnya. Masih ada banyak cerita lainnya tentang lapar dan dahaga sahabat Nabi dan Nabi sendiri tidak saya ceritakan karena berhubungan dengan waktu dan kesibukan.
            Maka lihatlah keadaan Nabi saw dan sahabatnya dengan kejadian demikian kamu akan menjadi manusia yang berprilaku baik dan kuat hatimu akan memperbuat seperti mereka itu. ALLAHU A’LAM.

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!