Sabtu, 27 Juli 2013


Pengertian Dan Maksud Tawakkal


T
awakkal Yaitu menyerahkan takdir dirinya kepada Allah SWT baik orang jahat maupun orang baik dan percaya ia apa yang ia lakukan. Tawakkal adalh sifat yang sangat baik karna dengan Tawakkal dapat membuat kita kuat dalam beribadah. Firman Allah SWT:
"ان الله يحب المتوكلين"
                        “Bahwasanya Allah SWT itu kasih ia akan orang yang Tawakkal
            Maksudnya yaitu orang yang Tawakkal itu tidak bersangkutan hatinya dengan dunia ini olah karena itu maka ketika ia beribadah, ia akan beribadah dengan sungguh-sungguh yang demikian adalah orang yang dikasih olleh Allah SWT. Maka sebenar-benar Tawakkal itu berpegang hatinya kepada Allah SWT serta tiada berubah harapannya akan Allah SWT ketika tiada rezeki sekalipun itulah yang sebenarnya hakikat Tawakkal dan itu sangat sulit bagi orng yang tidak mengerti apoa itu Tawakkal mereka cenderung memikirkan harta mereka dan malas dalam beribadah.
            Adapun orang yang paham akan sesungguhnya Tawakkal itu akan menyerahkan hasil yang ia dapat dari apa yang ia usahakan di dunia ini dan ia tidak takut akan kurang nya martabat, karena hokum azal itu tidak dapat berubah sekalipun.
            Pembagian orang yang tidak mengerti akan Tawakkal itu ada 2 yaitu:
1.    Tawakkal kepada Allah SWT seperti orang yang menyerahkan diri kepada wakil (seperti DPR, PRESIDEN) maka tidak hilang ikhtiar padanya. Ikhtiar yaitu hak seseorang untuk memilih apa yang ia suka. Tawakkkal ini adalah Tawakkal yang paling terbawah.
2.    Tawakkal kepada Allah SWT seperti anak2 yang menyerahkan dirinya kepada ibunya. Jika ia mempunyai permintaan ia cuma akan meminta kepada  ibunya maka jika tidak dikabulkan ia akan menangis inilah Tawakkal orang yang tidak mengerti yang khusus. Dengan demikian hialnglah martabatnya dan ikhtiarnya anak2 tetapi tidak hilang minta do’a nya kepada Allah SWT seperti tidak hilang minta anak2 kepada ibunya.

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!